Home » » INOVASI DAERAHKU (Magetan Untuk Indonesia)

INOVASI DAERAHKU (Magetan Untuk Indonesia)

Magetan, Magetan adalah kota kecil di lereng sebelah timur gunung lawu,
magetan berjulukan dengan kota wisata.

Banyak sekali wisata wisata yang bisa di kunjungi di kota kecil ini,
Beberapa periwisata yang terkenal adalah, Pendakian puncak lawu (Hargo Dumillah), Telaga pasir Sarangan dan Air terjun tirto sari dan masih banyak yang lainnya.
Telaga Sarangan


Acara yang biasanya diadakan di Telaga Sarangan adalah Tumpeng Larung Saji, hal ini sudah biasa dan menjadi tradisi bagi warga yang berada di kawasan Sarangan. 
Sebelum tumpeng dilarungkan ke Telaga Sarangan, Tumpeng diarak ramai ramai mengelilingi Telaga, bukan hanya warga magetan yang menyaksikan, tapi bule bule dari luar negeri pun juga menyempatkan melihat tradisi yang di lakukan Setahun sekali ini.
Acara ini dipimpin langsung oleh bupati magetan (bupati saat ini: Bapak Sumantri).
Larung Saji

Selain itu ada suatu jalan yang juga jadi tempat pariwisata, mereka menyebutnya dengan nama Jalan Tembus Cemoro Sewu Sarangan.
Keindahan alamnya sudah terkenal sampai mancanegara, bahkan dibikin lagu oleh didi kempot(hehehe).
Saking banyaknya pariwisata yang ada di magetan, maka saya mingibaratkan kota Magetan adalah sepercik surga yang bocor dan jadilah kota kecil bernama magetan.

Selain terkenal dengan Wisatanya, Magetan juga terkenal dengan berbagai produksinya, yaitu Produksi Gamelan yang ada di Desa Purwodadi, Batik Pring Sedhapur yang berada didesa Sidomukti Dan sepatu/ sandal Kulit asli Magetan yang berada di jalan Sawo.
Berbagai produk asli magetan telah di export ke kota kota lain, bahkan ke Mancanegara

Bahkan Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sekeluarga memakai Batik magetan sebagai baju kebesarannya.
Keluarga pak SBY

Dunia pendidikan di Magetan pun bisa dikatakan Maju.
Sudah beberapa kali magetan mengadakan kelas Inspirasi, Bahkan pak Anies Baswedan (Saat Masih Jadi Mentri Pendidikan) menyempatkan diri untuk berkunjung di magetan untuk menghadiri Sharing Inspiratip yang diadakan oleh Relawan Kelas Inspirasi Magetan.
Acara di adakan di Rumah Makan Bu Setu Desa Gandu, disini adalah Tempat Centra Ayam Panggang kota Magetan.
Pak Anies terkesan dengan Kelas Inspirasi Magetan, yang meskipun berada di kota kecil, tetapi berkembang dengan cukup signifikan.
Pak Anis bersama Relawan KI

Magetan sangat menjunjung tinggi tradisi, selain Larung Saji yang diadakan di sarangan, Di Kota juga tak mau kalah, maka diadaknlah Slametan Nusantara,
Slametan ini diadakan Untuk Indonesia Acara ini bukan sembarang Slametan, karena menghadirkan Tumpeng sebanyak 1926 Tumpeng yang dibawa oleh Masyarakat magetan, Hal Ini juga bertepatan di HarLah NU ke- 93, dan dihadiri oleh 5000 Masyarakat Kabupaten Magetan, acara ini sempat menjadi Tranding Topic Indonesia di Twitter.
Slametan Nusantara


Selain Pendidikan Formal, Magetan juga Terkenal dengan pendidikan Pesantrennya, banyak pondok pondok Berbasis NU berada di magetan.
Dan bulan kemarin, Magetan juga Meraih Juara Dua di Acara NU Award Jatim.
Bahkan salah satu Pesantren terbesar di Indonesia dan terkenal seAsia, bahkan seMancanegara ada di Magetan, pondok Pesantren Al-Fatah tepatnya di desa Temboro, Kec Karas, Kab Magetan.


Kabar Baiknya , Pihak Jakarta Ingin Membuat Film di Kota Magetan, Film yang diusung berhubungan dengan Pondok Pesantren berbasis NU, (Kampoeng NU)
Mereka tertarik di Kota Magetan Karena Beberapa bulan yang lalu Magetan Mengadakan acara Bola Api yang diadakan Oleh Santri Santri Magetan.
Bola Api Magetan

Karena Sekarang semua berbasis Online dan agar tak ketinggalan dari daerah lain, dinas komunikasi juga sudah menggembleng beberapa pemuda dan pemudi untuk menyikapi perkembangan era digital ini, maka dibentuklah R-TIK(Relawan Teknologi Dan Informasi) & Komunitas Blogger Magetan untuk memperkenalkan Wisata dan Kearifan Lokal yang ada di kota magetan.

Semoga beberapa sedikit cerita Dan Inovasi Daerah ku bisa menjadi inspirasi bagi negeri kita.

Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku
|||
Share :
|||

4 komentar:

  1. Selamat mas Muklis semoga blognya menjadi salah satu juara di kompetisi ini, oh iya, kalau mau belajar SEO dari ebook STT main adsense, datang o ke rumahku, nanti bisa melihat tutorialnya di tempatku meski ndak boleh dibawa pulang yang penting bisa nyatet point2 pentingnya deh :)
    Hayo coba tebak aku siapa hehe.
    Saling review blog yuk mas, soale blog ku masih baru ini.

    ReplyDelete
  2. Piye to klis, wong iklan google adsense kok dicampur sama adsensecamp? Opo gak masalah?

    ReplyDelete

 
Support : Komunitas Blogger Magetan
Copyright © 2013. Mukhlis Wibowo - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger