Cara Memasang Aki Kering 6volt di Motor Honda Win Yang Sudah di Rubah ke 12volt

Assalamualaikum Wr Wb.
Hallo kawan blogger, Salam dari Blogger magetan ya.
Blogger yg sudah lama gak aktif hehe

Langsung saja ya. Hari ini saya akan memberikan sebuah tutorial untuk pasang aki di motor win dengan daya 12 volt biaya hemat.

Kalian pasti tau kan motor honda win itu daya volt ori nya hanya 6volt. Maka disini saya akan ganti dengan daya 12volt tanpa merubah semuanya. Hanya merubah aki dan lampu2.

Sebenarnya kalau anda adalah orang yang punya banyak dana. Anda diharuskan merubah mulai dari spul pengisian, kiprok, sampai aki.
Aki yang cocok yg bisa dipasang di box motor win adalah aki kering milik honda beat, harganya sekitar 150rb-190rb tergantung merk.

Karena disini kita ingin berhemat maka kita gunakan dengan mengakalinya yaitu hanya merubah akinya saja, dan aki yang kita gunakan adalah aki kering dengan daya 6volt 4 ampere sebanyak dua buah.

Kenapa harus dua buah. Karena aki 6volt dua buah jika disambung secara seri akan menghasilkan daya 12 volt.

Sedangkan aki kering 6 volt ini bisa kita dapat di toko toko elektronik dg harga sekitar 40rb - 50rb.

Agar aki yang kita pasang tadi awet dan untuk menambah loncatan daya agar bisa tercipta daya 12 volt lebih, maka kita harus tambahkan dengan elco ukuran 10000mikro 50volt.
(Contoh bisa dilihat di gambar)

Dengan begitu kita hanya akan mengeluarkan modal 90rb atau 100rb an.

Aki yang saya beli di toko elektronik ini saya dapat harga Rp.42.500 jika saya beli dua buah maka Rp.85.000 ditambah 1 elco ukuran 10rbmikro 50volt dengan harga Rp.13.500 jadi total yang saya keluarkan adalah Rp.98.500 jadi kita bisa pasang aki 12volt di motor win kita dengan biaya kurang dari Rp.100.000 . Murah bukan?

Untuk ketahanannya saya masih belum mencobanya. Karena ini baru pasang dan yang penting berhasil. Hahaha

Previous
Next Post »