Arti Kata Rahayu Dan Persamaannya Dengan Assalamualaikum


Kata Rahayu Yang Sering Kita Dengar

Kata rahayu ini merupakan istilah sapa menyapa dalam kalangan para penghayat kejawen.

Kejawen bukanlah agama, tapi berada didalam agama, karena hindu pun ada kejawennya, budha juga ada, begitu juga dengan islam,

Dalam Kejawen ada banyak sekali aliran.
Ditempat berbeda kejawennya juga berbeda, begitu juga cara semedi dan doa doa nya juga pasti berbeda, meskipun tujuannya sama, yaitu manunggaling kaulo gusti.

Lalu apa arti kata rahayu?

Rahayu dalam kejawen adalah penghargaan terhadap orang lain yang sudah menjadi saudara

Kata rahayu berasal dari bahasa jawa, yang artinya damai sejahtera

Di daerah saya yaitu magetan bila kita sering menghadiri pertemuan pertemuan orang orang sakti. Sapaan kata rahayu kerap kita dengar.

Trus apa bedanya dengan kulon nuwun? Hemm, kita akan bahas nanti saja ya kata kulon nuwun ini,

Karena saya hidup di magetan bagian timur, tepatnya didesa Temboro-karas-magetan, kata rahayu akan jarang di dengar, yang sering kita dengar adalah sapaan dalam bahasa arab, Yaitu "Assalamualaikum"

Lalu apa bedanya Assalamualaikum dengan kata Rahayu?

Kalau menurut saya, hakikat maknanya dengan kata rahayu sama, Nah sekarang tergantung pribadi masing2. Mau pakai kata apa dalam menyapa orang, yang penting niatnya menyapa dan menjalin hubungan silaturohmi.

Mungkin ada yang protes, dan kurang setuju dengan arti yang menyamaratakan kata Assalamualaikum dengan kata Rahayu. Kalau kita cari perbedaan tentu banyak sekali perbedaannya, tapi mari kita belajar bersama mengambil makna dan simbul dari sebuah budaya.

Hastag:
#rahayu
#assalamualaikum
#magetan
#temboro
#islam
#kejawen
#sumber: http://mbahragil.blogspot.co.id/2014/10/di-balik-makna-kata-rahayu.html
https://www.kliswi.com/2020/05/pusat-perputaran-uang-paling-cepat.html
https://www.kliswi.com/2020/05/jika-tidak-punya-nasab-dhohir-bikinlah.html

Post a Comment

21 Comments

  1. UPDATE:
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh = Doa dalam Islam yang artinya "Semoga diberikan keselamatan, rahmat Allah serta berkah-Nya kepadamu" nah di ajaran islam maka sesama muslim saling mendoakan dengan mengucap doa balasan Wallaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh yang artinya "Dan Semoga diberikan keselamatan, rahmat Allah serta berkah-Nya kepadamu"
    .
    Kalau rahayu lebih condong sebagai sapaan seperti halo, hai, karena artinya Damai Sejahtera, dan rahayu memiliki makna yang sama seperti sapaan dalam Kristen "Shalom" yang berarti damai menyertaimu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menanggapi pernyataan bahwa makna salam menurut islam dan selainnya, pertama adalah mesti dibedakan terlebih dahulu dilihat dari kaca mata tradisibudaya di masyarakat. kedua makna salam tidak terlepas dari dasar keyakinan/kepercayaan,alasannya adalah dalam bentuk sapaan didalam kehidupan misalnya pengguna bahasa Arab asli,mereka menggunakan kalimat "ASSALAAMU ALAIKUM,,, itu kepada sesama muslim,alasannya karena atas dasar kepercayaan kepada tuhan yang mengajarkan kepada penganutnya menerapkan segala perintah dan menjauhi larangannya,dengan semua konsekuensinya, misalnya islam menyakini Tuhan itu sebagaimana dimaksud surat "al-ikhlas" dst dengan perintah hukum syariat islam terdiri dari syahadat,sholat,zakat,puasa,haji, serta 6 rukun imannya. atas dasar itulah sapaan salaam idalam ISLAM itu hanya bagi sesama-muslim. hubungan sosial masyarakat muslim dengan selain muslim umumnya sapaan,apakabar? sehat? selamat-pagi-siang-sore-malam,dll. misalnya sesama pengguna bahasa Arab tidak gunakan salam alaikum,tetapi disesuaikan waktu/keadaannya,contoh "kaifahaluka/ki,dll atau sapaan keadaan subhlkhoir,dll. kesimpulannya bahwa makna salam didalam Islam tidak sama dengan sapaan biasanya seperti selamat pagi,selamat siang,selamat lainnya,itu bentuk penghormatan dengan sesama. makna salam dalam Islam identik dengan "iman". terkait padanannya "rahayu" sepertinya mesti dibedakan apakah maknanya sekedar sapaan atau ada muatan unsur keyakinan?? jika yang melatarbelakangi pengucapan rahayu itu sebagaimana makna salaam alaikum dalam islam,maka rahayu berasal dari suatu keyakinan, berarti maknanya tidak sama sebagaimana konsep keimanan dalam Islam. karena setiap ucapan salam didalam Islam maknanya ucapan doa dengan satu keyakinan baku"ALIKHLAS" apakah makna rahayu sama artinya dengan makna "AL-IKHLAS"? jika tidak,maka tidak bisa digunakan oleh muslim,karena mengandung unsur suatu keyakinan tertentu. jika rahayu menunjukkan makna umum murni sapaan maka maknanya sama padananya seperti selamat pagi,malam,siang,sore,tidur,dll hanya menunjukkan keadaan semata. demikian terima kasih,menunggu tanggapannya

      Delete
  2. Sing komentar gak patek jowo ...

    ReplyDelete
  3. jelas beda bahasa rahayu dengan assalamu alaikum wr,wb
    krn di salam nya secara islam itu isinya do'a dan di salam nya jawi isinya bukan do'a

    ReplyDelete
  4. Rahayu itu kan selamat, sehat wal afiat, memang mirip dengan arti salam dalam tradisi muslim, tapi kurang lengkap kalau di anggap identik mas, masih janggal :)

    ReplyDelete
  5. artikel ini masuk trending topik di GWT hehehe mantab bang, ga iso komentar akeh disik ya, nanti dilanjut lagi

    ReplyDelete
  6. Rahayu = Selamat!
    arti nama yang bagus ya mas muklis, semoga artikel ini makin laris manis deh mas :)

    ReplyDelete
  7. salam rahayu mas muklis, ojok lali ketemu mbi bulek iparku, dia bernama sri rahayu wilujeng, terus artine opo ngono kui mas? haha

    ReplyDelete
  8. ternyata di artikel ada hastagnya ya mas?
    waduh, udah seperti twitter sama facebook, atau jangan2 emang kopas dari fb ya mas? wew mantab tapi!

    ReplyDelete
  9. Rahayu itu salam.nya org2 yg sdh selesai dgn dunia dan akhirat.nya, jadi tdk butuh doa doa lagi krn sdh jelas tegas damai dan sejahtera

    ReplyDelete
  10. assalamu'alaykum

    sugeng ndalu lan sugeng rahayu kgMz Mukhlis

    ReplyDelete
  11. Kalo salam menurut islam rahayu menurut budaya kita,dulu arab ada jaman jahiliah,kita jawa sudah ada peradaban.

    ReplyDelete
  12. Rahayu itu bukan nama transportasi bus ta bos?

    ReplyDelete
  13. ketingalipun ingkang komentar wonten mriki sanes tiyang jawi utawi tiyang jawi ingkang sampun kesupen bilih piyambakipun menika tiyang jawi...mekaten kangmas Muklis Wibowo.. rahayu

    ReplyDelete
  14. untuk mbak mas zina ada : sebaiknya kalimat we.wb jangan disingkat mas mbak
    itu doa--doa kita sebagai umat Islam
    beda kata dan kalimat beda arti mas mbak

    Terima kasih

    ReplyDelete
  15. Kalau perkataan adalah doa, lalu Salam bisa wujud mendoakan :)

    ReplyDelete
  16. Sebaiknya tidak diteruskan bahasannya...
    Sebab seperti membahas persamaan bangunan2 yang sama2 memiliki tempat untuk tidur tapi sesungguhnya berbeda....
    1. Rumah Sakit.
    2. Hotel
    3. Penjara

    ReplyDelete